Crime Scene Investigation / CSI [TV Series_Recomended]

Proudly present, CSI !!!!!

CSI-csi-141316_800_600

Actually~
Banyak banget Movie atau TV series yang pengen banget gue rekomendasiin sebagai tontonan yang wajib ditonton !!!

Tapi berhubung tangan gue cuman dua, ngetiknya terbatas dan gue orangnya moody-an a.k.a lebih sering males ngepublish ato update blog ini. Jadinya gue nggak bisa cuap-cuap bebas. Andai aja, gue nggak perlu capek-capek ngetik, cukup langsung cuap-cuap dan hurufnya mulai nyusun sendiri ngikutin omongan gue -.-!!

Okay, mungkin ini awalnya bakal out of topic banget, karena hello girl~ bukannya blog ini soal Korea2an gitu ya?! Ini kenapa jadi ngebahas West2an -.-!!

Hahahaha,, maklum gue masih unyu jadi masih labil #STOP !!!

Back to the topic. Sebenarnya sebagai film yang pertama kali pengen gue publish dan rekomendasiin ke semuanya itu maunya film Korea, tapi yahh, apa mau dikata. First thing first (??), jauuuuuh sebelum gue jatuh cinta sama Korea, gue udah falling in lope duluan sama film-film bergenre ginian. So, this is it !!!

Proudly present, CSI….

CRIME SCENE INVESTIGATION.CSI-csi-141316_800_600

CSI sendiri punya 3 series yang berbeda.

csi_las_vegas

Ada CSI Las Vegas

CSI-Miami-csi-miami-5478414-1024-768

CSI Miami

CSINY_banner

CSI New York

Garis besar ketiganya sama. Penyidik forensik yang jadi ‘Main’-nya sama-sama menyelidiki TKP untuk menangkap pelaku kejahatan, membongkar misteri kematian, kejanggalan-kejanggalan yang mencengangkan nan membingungkan orang awam. Buat orang-orang yang pernah nonton serial detektif layaknya Detective Conan, Sherlock Holmes,  atau minimal film polisi-polisian atau detektif-detektifan ala Indonesia, ATAU…. yang suka nonton berita kasus kejahatan, pembunuhan sadis, penculikan di TV nah, ini mirip. Cuman, berhubung yang tokoh utama yang ditonjolin di film ini adalah para tim CSI, jadi semuanya lebih ke Sains, teknis Lab *sidik jari, DNA, etc* bukan kejar-kejaran penjahat seperti film polisi gitu.

Tapi, well, dari ketiga series CSI ii, jelas banget, tokohnya berbeda, kasusnya berbeda, hubungan-hubungannya pun juga berbeda. Berhubung gue pecinta setia CSI yang original alias CSI pertama alias CSI Las Vegas. Jadi gue bakal rekomendasiin dan ngebahas soal CSI Las Vegas lebih dalam. Sejujurnya cuman karena gue nggak tau aja awalnya kalo ada tiga seri CSI, kirain pas liat di Indovision pertama sama aja. Jadi pas tau ada 13 season, mikirnya 13 season itu terbagi jadi CSI LV, MIAMI, sama NY. Ehh ternyata 13 season itu cuman punya CSI LV doang -.-!!

CSI-NY-CSI-CSI-Miami-csi-ny-1323819-1004-800

Tapi, berhubung udah mulai ngedonlot dan fokus nonton CSI Original / Las vegas-nya dari awal, malah jadi jatuh cinta dengan pemain-pemainnya ^^. Dan Benar-benar ngerasa ada sesuatu yang hilang aja pas nonton TV, mesen FoxCrime Channel atau AXN atau *apa tuh nama  channel satunya lagi* trus mulai nonton CSi Miami atau New York, kasusnya ‘ngeh’, ceritanya asyik, seru, tapi suka melongo aja liatin interaksi antar pemainnya, si A ngomong sama si B, soal ‘something’ yang mungkin aja walaupun sepele tapi ada hubungannya sama kasus, tapi karena gue nggak ngikutin dari awal jadinya nggak ngerti alias nonton bego namanya.

Makanya gue lebih seneng nan bangga nonton CSI Las Vegas, yang bahkan omongan paling konyol maupun sindiran halus sepintas lalu mereka aja gue ngerti *berasa akrab soalnya* lol~

Okehh,, mari kita mulai ngebahas pemain-pemainnya serta mengubek poin-poin plus-minusnya CSI Las Vegas. LEggo~ !!!!

[][][] Main Cast

2671552002_e48f8e6476_o

Oke, tokoh utama, Supervisor tetap sampe season 9, Gil Grissom, yang merupakan ahli serangga *siapa yang tahu kalau ‘maggot’ bisa nentuin berapa lama orang itu udah mati*, yang not really a social person, but really a good person, like REALLY. Gue nggak bakal bahas mendalam banget soal dia karena yah, tulisannya bisa bakal panjang banget. Tapi serius, ini orang jenius sekali, sumfehh deh,, I mean, oke CSI pada pinter-pinter semua *walaupun yang aslinya jenius adalah sang penulis naskah dan ide cerita* tapi This Old Man just soooo genius. And How like about every single person in this story adore him, trust him, or even  like Warrick said : ” Kalau aja gue bisa milih siapa yang jadi ayah gue, gue bakal milih dia “.

marg-helgenberger-04

Wanita cantik seksi ini namanya Catherine Willows, janda yang punya anak gadis satu Lindsay, yang suaminya brengsek nan menyebalkan namun Alhamdulillah (?) mati juga di Season 4atau 5 kalo nggak salah. Dia asisten Supervisor, jadi kalao Mr. Grissom-nya lagi nggak ada, dia yang bakal ngegantiin. Sempet juga jadi Supervisor, saingan ama Grissom di season 5 membuat CSI jadi terpisah dua tim, tapi gara-gara insiden Nick, anggota CSI kembali disatukan di bawah arahan Mr. Grissom. And FYI, this lady is really pretty. Sometimes gue suka takjub aja karena pas nonton semakin jauh episodenya, nyonya yang bertahan sampe Season 12 ini terlihat semakin muda dan cantik saja >,<

George-Eads

Nah, ini dia orang yang sudah membuat gue jatuh cinta sejak episode awal, Nick Stokes >,<. Well, our Nicky, yang handsome ini adalah pemain yang setia bertahan sampe Season 13 sekarang ini. Karakter yang emosian, serius dan ouch, sensitif yang sempet bikin gue mau gila nonton episode di Season 5 dimana dia diculik sama penjahat Psycho yang balas dendam sama anggota CSI karena anaknya dituduh membunuh. Dia dikubur dalam peti dalam tanah, dan CSI cuman punya waktu 12 jam buat nyelamatin dia. Dimana yang lebih bikin frustasi lagi gara-gara, pelaku yang minta uang tebusan malah bunuh diri pake bom sehingga nggak tahu harus nanya ke siapa dimana Nicky😦. But seperti kata-kata Grissom yang paling topcer. Yang arti Indo-nya kurang lebih, Jangan bertanya pada manusia, karena manusia bisa berbohong. Bertanyalah pada bukti. Karena bukti tak bisa berbohong.

GaryDourdan

Couple-nya Catherine Willows yang chemistry-nya paling ngena, Warrick Brown, yang baru aja kemarin di season 9 episode 01 bikin gue nangis gara-gara dia mati ditembak Polisi penghianat brengsek T.T. Warrick sifat aslinya cool, keren, suka emosian juga tapi bener-bener peduli dan sayang banget sama member CSI lainnya. Yah, walaupun gak di-shoot hubungan istimewanya dengan Catherine, tapi entah kenapa chemistry mereka tuh dapat banget. jadi tiap CSI ngerjain kasus dan Warrick team up sama Cath, yah gue-nya seneng sendiri aja gitu *aneh*

JorjaFox

Yang ini Sara Sidle, cewek tomboy, yang gue-suka-banget-gaya-loe ini salah satu kesukaan gue. yah, dia cool aja gitu ngadapin kasus *semuanya cool keq-nya*. Kasian banget nasib nih cewek, kalo gak salah Ayhnya itu dibunuh sama ibunya yang stress atau kenapa gitu. Makanya dia cuman punya sedikit teman, yup, sedikiiit. Sampe dia mulai dekat dengan member CSI dan nganggap mereka sahabat, keluarga.

paul-guilfoyle-01

And My fave officer here, Capten Jim Brass ^^ Awalnya dia supervisor CSI di episode awal. Tapi lalu dipindahin jadi Kepala polisi bagian pembunuhan setelah kasus dimana salah satu newbie CSI, Holly Gribbs tewas di tembak di TKP. Dia punya satu putri yang hidupnya benar-benar berantakan, udah rusak, make narkoba, jadi ‘hooker’, dan sama sekali nggak peduli sama dia. But, dia fave gue, gue-suka-banget-gaya-loe number 2. Cara dia ngomong saat menginterogasi orang, balas sindiran tersangka, atau cara dia bercanda itu emang punya style khas banget and This is what The Police should be you know, COOL !!! Dan Ahjussi ini juga sempet bikin gue mewek pas dia lagi ngebujuk tersangka yang nyandera seorang cewek tapi end up ditembak di dada. Dia harus di operasi untuk ngeluarin pelurunya tapi resiko selamatnya itu kecil banget. But, kelihatan banget gimana besarnya kepercayaan yang dia kasih buat Grissom disini :’)

[][][]  Supporting Cast

Eric-Szmanda-eric-szmanda-776213_793_1024

Hhaha…This is Greg Sanders. Awalnya dia salah satu “Tikus Lab” yang kerjanya ngolah DNA, sidik jari etc yang dikasih CSI. Tapi lama-kelamaan dia mulai pengen nyoba jadi agen lapangan dan di Season 2, dia mulai ikut CSi ke lapangan, walaupun awalnya gagal, karena dia malah merusak TKP, tapi di episode ” Who Shot Sherlock” dia akhirnya diloloskan Grissom jadi CSI Level 1 ^^ Actually, he is My fave member too, kepribadiannya lucu, easy going, suka gonta ganti gaya rambut, etc. But, kalian bakal nemuin dia down banget pas dia nemuin kasus dimana orang yang pernah dekat dengan dia jadi korban pembunuhan. Sumfehh,, disitu dia down banget dan bukan lagi Greg yang biasanya….

vvv

His name is Archie Jhonson, dia salah seorang tikus lab di bidang teknisi audio/video. Yah, yang hubungan soal teknologi2 gitulah. And he’s one of my fave member too^^. Pertama kali liat dia muncul sempet mikir keras, berasa pernah lihat dia dimanaaa gitu. Dan setelah googling ternyata benar. Yup, dia pernah main jadi Power ranger sodar-sodara. Iya, power ranger. Tontonan tiap hari minggu yang walopun awalnya gue nggak suka tapi karena adek gue yang nyebelin suka nonton itu, gue jadi suka juga. Dia jadi ranger biru tepatnya. Hiyaaa, biru kan couple-nya ranger pink. wkwkwkwkw~

RobertDavidHall David_Berman

Bagian ‘coroner’ yang sukanya bedah mayat ini, Dr.  Robbins dan asistennya yang suka gokil kadang-kadang David. Wow !!! Spesial di bidangnya. Gue juga kagum liatin nih orang bedua kalo lagi ngomong, apalagi kalo itu soal korban, COD, TOD, etc. Walopun sebagian besar gue nggak ngerti karena itu bahasa ilmu kedokteran, tapi dua suporting cast ini nggak bisa kelewat gitu aja dari list pemain gue ^^

csi-287

David Hodges. Hhaha,, orang sok yang suka bikin kesel semua orang disana. Soalnya dia sukanya ngomong ngelantur, jauh dari apa yang diperbincangkan. Dia juga pengen dianggap penting dan diakui. Walaupun pastinya lab bakal terasa sepi kalo nggak ada dia, atau saat dia bertingkah normal tak seperti biasanya. Melihat dari episode season 8 yang barusan gue tonton, You Kill Me, sumpah, Hodges pinter banget disini. Dia nyiptain kasus trus minta teman-temannya sesama “Tikus Lab” buat mecahinnya. Nebak siapa pelakunya dan cara pembunuhannya. Bahkan secara gak langsung ikutan nge’hibur’ Grissom yang lagi depresi berat ditinggal Sarah. Good Job, Hodges🙂

[-][-][-]  Minus Points

Kemarin sempet nanya2 ke orang bule *sok bisa English, padahal modal masa bodoh doang, kalo ya salah maap* lewat situs dimana kita bisa nanya apa aja semaunya. And…. Hampir semuanya, 90% sodara-sodara, 90%, buset, bilang kalo mereka lebih milih CSI versi Miami or New York daripada LV😦. Kenapa??

1.  Romancenya kurang.

Dan yup betul 179%. Karena sejauh gue nonton sampe season 4? 5? 6 maybe? Nggak ada percintaan yang benar-benar sweet disini. Okay, emang, toh nantinya Supervisor Gil Grissom bakal Merit sama salah satu anggota CSI Sara Sidle sekitar Season 10 kalo nggak salah. Tapi, yah, itu nggak ditonjolin. Grissom yang dekat dengan Lady Heather sebelumnya, Sara dengan salah satu paramedis yang ketahuan selingkuh, Cathrine dengan beberapa pria yang gak berjalan mulus, Nick di season awal sempet deket dengan seorang gadis yang dia peduliin, tapi end up gadis itu terbunuh dan dia malah jadi tersangka utamanya, Warrick yang merit sama Tina walopun berakhir cerai, tapi ternyata ketahuan dia punya satu anak laki-laki yang baru ketahuan saat dia meninggal, ataupun Greg yang suka flirting everywhere. But yeah,, keqnya emang dibandingin CSi Miami atau NY, romance ini terbilang kurang. Romancenya ada tapi nggak difokuskan.

2. Humornya kurang.
Well, masih berdasarkan survey tadi juga. Humor antar tokohnya kurang. Tapi entahlah, gue sendiri kurang setuju karena menurut gue, humornya dapat banget. Nggak bikin kita sampe ngakak keq nonton film komedi, tapi buat orang yang nonton dari awal dan tau hubugan antar pemainnya, slentingan-slentingan mereka bisa terhitung rumor yang cukup buat kalian terkekeh kecil atau minimal senyum🙂

3. Subtitle

Well, ini overall dari ketiga series, LV, Miami, NY. Walopun dari hasil browsing gue juga sempat nemu beberapa buat Miami atau NY. Nggak ada subtitle Indonesia. Miami atau NY cuman episode tertentu aja, sedangkan LV sama sekali nggak ada. Jadi yang pengen nonton pake teks Indo, gue saranin nonton lewat FoxCrime di Indovision aja. Kalau yang mau nonton streaming atau download biar bisa dimaju-mundurin atau di-pause film-nya keq yang gue mau, bisa donlot english sub-nya, hitung-hitung membuat kamu lebih pnter bahasa Inggris ^^ And FYI, gue udah ngesub beberapa episode, translate dari Eng ke sub Indo, tapi belum di publish sih. Yah, kali aja ada yang minat penegn minta sub Indo-nya hhehehe :p

[+][+][+]  Plus Points

1. Buat pecinta serial misteri atau yang suka ilmu sains, wajib nonton ini. Pengetahuan kalian bakal nambah, makin luas, jadi lebih teliti dan merasa ‘tertantang’ (?). Yah asal pas kalian nonton, nontonnya sama orang-orang penyuka genre ini atau minimal sendirian. Senggaknya gak ada temen kalian yang mendadak jerit liat ada orang dibunuh ekstrim di TV atau adek kalian yang mendadak muntah karena dia muncul depan TV bawa makanan pas adegan autopsi perut dan kepala korban dibedah, ngeluarin otak, jantung dan organ2nya supaya bisa tau COD-nya atauuuu nyokap kalian yang penasaran pengen tahu kalian lagi nonton apa, tapi pas ketahuan nonton CSI yang walopun udah dijelasin ini nambah wawasan, tetep aja keukeuh matiin laptopnya or pindah channel TVnya ke acara nge-bacot gak jelas, yang lagi ngomongin orang *sorry, pengalaman pribadi*.

2. Editingnya. Suer, efeknya keren. Apalagi semakin jauh seasonnya. Peralatannya makin canggih, teknologinya makin wow. Bayangin cara mereka ngegambarin penggunaan GCMS  pake efek aja itu udah >,<.

<TO BE CONTINUED>

Review ini bakal gue lanjutin nanti, dengen yang lebih lengkap

6 thoughts on “Crime Scene Investigation / CSI [TV Series_Recomended]

    • hai hai hai~ *lambai-lambai*
      seneng nemu orang yg juga suka csi >,< *peluk*
      kamu bisa nemuin semua episode csi (well, western series yg lain pun malah) di tubeplus…
      kamu tinggal ngetik nyari di oom google, "csi las vegas/miami/nw season (sekian) episode (sekian) tubeplus"
      and oom ggogle bakal bawa kamu ke situs tubeplusnya (link pertama or kedua)….

      p.s kalo kamu mau nyari western series/movie yg lain, kamu tinggal ngeganti judulnya aja sesuai yg kamu cari,,,
      simple and easy^^

Leave a Reply

