[Recommended] Detective Conan a.k.a Case Closed

Detective_Conan_by_dimensi

 

Okay, so let’s get start MY RECOMMENDED JAPANESE MOVIES/SERIES with my fave –the best- one ever.

 

Di Jepang disebut Meitantei Conan, di Amerika dan sekitarnya disebut Case Closed, tapi orang lebih mengenalnya dengan Detective Conan. Even people with no-interested-in-detective-thingy know about this manga/anime. Jadi gak perlu membahas tentang seberapa terkenalnya serial ini, siapa saja pemain atau dubbingnya, atau pertanyaan paling klise yang sering di dengar di dunia Conan, siapa boss organisasi hitam? Kapan Conan tamat? Atau Shinichi bakal balik lagi ke tubuhnya semula atau nggak?

Forget that damn question, let’s just focus to watch or read this serial. Because as A pecinta penggila serial ini, JUJUR, I won’t this serial ended. I Might lost My KUDO SHINICHI, like-FOREVER-.

** MANGA VERSION

 

1EM_Conan-71_FID_250x4001EM_DetConan-72_FID_260x400

Untuk komiknya sendiri, sejauh ini yang terbit di Indonesia sudah sampai buku 72 (itu file 752-762). Kalau versi online hasil terjemahan DCTP (English version) yang terakhir dicek udah sampai file 855, sekitar buku ke 81 (jauuuuuuhh…), I don’t know about komik online yang terjemahan Indonesianya, soalnya nggak pernah ngecek (lebih milih koleksi komik langsung kalau bahasa Indonesia mah). And maybe, komik yang di Japan udah punya file kasus lebih (not sure).

 

** ANIME VERSION

Case-Closed-detective-conan-15632548-1280-1024

Untuk animenya terakhir tayang itu, episode 694 (itu udah ada yang ngesub Indo, di-googling pasti nemu^^). Dan 695 katanya bakal tayang akhir april ini, 27 April tepatnya, jadi bisa ditunggu. Oh yaa, sekedar info, buat yang cuman nonton anime (tanpa baca manga/komiknya) OR buat cuman yang baca komik (tanpa nonton animenya), disarankan melakukan keduanya (Baca + nonton), because, there’s some case that shown up on manga but didn’t shown up on anime atau sebaliknya. Tapi yah, kalau soal kasus dengan B.O tenang saja, dua-duanya pasti dimunculkan^^.

Sejauh ini, kayaknya anime dan manganya hampir sejalan, soalnya di seri-seri terbaru, keduanya sama-sama menampilkan kasus lama Yusaku Kodo (ayah Shinichi), yang katanya tak selesai.

 

** LIVE ACTION

Live-action-4-detective-conan-29648287-973-507

Untuk yang tak suka kartun dan lebih doyan dengan LIVE ACTION a.k.a versi manusianya. Detective Conan punya 4 Live Action Movies dan 1 Series dengan 11 episode di dalamnya.

—  Live Action 1 (Shinichi Kudo’s Written  Challenge)

Surat tantangan untuk Shinichi disini pemeran Shinichi-nya masih Shun Oguri ( >,< ), yang main jadi Ran-nya masih Tomoka Kurokawa . Keduanya tetap bermain sampai di Live Action 2. Di Movie ini Shinichi menerima surat tantangan dari pelaku, yang menyebabkan dia ikut wisata kapal pesiar bersama dengan Ran dan teman-teman sekelasnya.

—  Live Action 2 (Shinichi Kudo Return : Showdown With Black Organization)

Ceritanya, Conan dan Haibara (dalam tubuh kecil tentu saja) datang ke pesta perayaan Miss Japanese bareng Profesor Agasa dan Ran. Tanpa sengaja, mereka memakan kue (yang sepertinya di campur wine, sejenis Paikaru, yang dulu diminum Conan) dan kembali ke tubuh semula. Serunya, mereka bakal berhadapan dengan B.O disini, ada Gin loh (lengkap dengan that white long hair). Yang lucunya adalah, suara Conan dan Haibara di dub sama orang yang memang nge-dubbing suara mereka di Anime, it’s freaking ridiculous, coz it doesn’t matched at all. LOL~

—  Live Action 3 (The Mystery of Legendary Strange Bird)

Yah, movie ini sempat dibilang mengecewakan, karena well, mereka mengganti pemeran Shinichi dan Ran. Damn !!!! Padahal aktingnya Shun Oguri jadi Shinichi itu benar-benar memukau dan Ran is cute. But, okay, dari segi fisik, Shinichi yang kini diperankan Junpei Mizobata ini sesuailah. Ini ceritanya mereka pergi ke desa Jyugoya dan disanalah legenda itu berasal.

—  Live Action 4 (Shinichi Kudo and The Kyoto Shinsengumi Murder Case)

 Masih dengan pemeran utama yang sama, Movie ini ceritanya dimulai dengan Kogoro Mouri yang jadi peran pembantu dalam drama Jepang (samurai-samurai cerita sejarah gitu). Disini juga kembali dimunculkan Heiji Hattori dan Kazuha Toyama (mereka muncul dalam Series Conan Spesial episode 9).

—  Live Series Spesial (13 Episode)

 Dengan 13 episode masing-masing berdurasi ± 30an menit. Series ini dimulai dengan Shinichi, Ran dan Kogoro Mouri yang disekap dalam ruangan serba putih, dimana mereka diharuskan mengisi password yang menjadi kata kunci tentang kasus-kasus yang dulu pernah ditangani Shinichi. Setiap satu password berhasil dimasukkan, maka pintu untuk ruangan yang lain akan terbuka. Dari 12 kasus masa lalu yang kembali diputar, yang patut diperhatikan (well, tepatnya what I am paying attention the most) yaitu kasus di episode 11. Ada yang sudah baca komik nomor 26?
Dimana Shinichi kembali jadi Conan. Okay flashback sedikit, dalam komiknya, dalam suatu kasus yang dialami grup detektif cilik, Conan tertusuk pisau dan kehilangan banyak darah. Disini Ran tanpa ragu mendonorkan darahnya dan bilang kalau dia tahu golongan darah Conan (disini Ran mulai curiga tentang Conan adalah Shinichi). Nah, untuk menghilangkan kecurigaan itu, Haibara ngasih Shinichi antidote dari APTX-4869 sehingga dia bisa balik ke tubuhnya semula. Rencana mereka adalah Shinichi dan Conan (dimana Haibara menyamar sebagai Conan) muncul dihadapan Ran, sehingga Ran bisa yakin kalau Conan itu bukan Shinichi.

>> NEXT >>

Untuk meyakinkan Ran dan juga perasaannya tentu saja, Shinichi ngajak Ran dinner di hotel (dan di tempat duduk yang sama) dimana Yusaku melamar Yukiko (orangtua Shinichi) 20 tahun lalu. Sialnya, Shinichi yang lagi gugup mau mengutarakan perasaannya malah teralihkan perhatiannya oleh kasus pembunuhan yang terjadi di tempat itu. Kasus yang sama seperti 20 tahun yang lalu, dimana Yusaku juga memecahkan kasus tersebut. Dalam komik, Shinichi yang mau balik ke Ran dan berniat melamarnya ( >,< ) malah dadanya kembali sakit dan akhirnya menyusut kembali menjadi Conan ( T_T ). Jadi, endingnya Ran yang nunggu Shinichi malah dihampiri Conan (Shinichi yang amat sangat desperated). I love Conan’s word here : “ Suatu saat nanti, dia akan kembali… Walaupun harus mati… Karena itu, dia ingin Kak Ran menunggu… “.

Soooooooooooo Sweeeeeeetttt ……………………………………………………………………
Sialnya, di seri manusia ini, benar-benar tak menampakkan hal itu. Pertama, di komik kasus ini terjadi SESUDAH Shinichi berubah menjadi Conan, tapi diseri manusia itu terjadi di masa lalu saat Shinichi masih polos (baca : tak tahu apa-apa tentang B.O ). Kedua, endingnya itu loh endingnya, di komik udah penuh dengan efek romantis plus tissue, di seri manusia pas Shinichi mau bilang (baru mau bilang “Tsuki desu”), lampu restorannya mati, restorannya mau tutup soalnya, jadi mereka disuruh pulang. Konyol bukan? BANGET !!!!!!

 

**  MOVIES

936full-detective-conan--the-eleventh-striker-poster

Sampai saat ini, sudah ada 16 Movies Detective Conan yang sudah tayang. Yang terakhir itu The Eleventh Striker. Yang pastinya sudah bergentayangan di jagat maya lengkap dengan sub Indo-nya tentu saja. Dan sekedar info, Detective Conan Movie 17 – yang kalau sesuai jadwal harusnya sudah dirilis ke Jepang, 20 April kemaren. Jadi paling cepat, syukur-syukur, akhir Mei atau awal Juni filmnya sudah kita bisa nikmati bersama (English sub-nya yang paling cepat tentu saja). Yah, kalau sial, menunggu sampai Agustus juga tak masalah. It worths ^^

 

** Magic File

DC.OVA12

Magic File 1 berisi tentang Anime Conan episode 132-134 dan episode 196. Magic File 2 The Case of Mysterious Wall and The Black Lab, bercerita tentang Shinichi SMP yang membantu membuktikan alibi seorang pria tak bersalah yang dicurigai sebagai tersangka dari sebuah kasus pembunuhan. Magic File 3 Memories of Mahjong Tiles & Tanabata, heol~ you will love Shinichi even since grade school. Apa-apaan itu, bocah SD saja udah se-so sweet itu. Disini bakal flashback, seberapa pedulinya Shinichi pada Ran bahkan sejak masih SD >,<. Magic File 4, 5 dan 6 sendiri merupakan side-story dari Movies 14, 15 dan 16.

** OVA

shinran

Kalau untuk OVA sendiri, ada 12 OVA yang sudah tayang sejauh ini. Ceritanya macam-macam, dari tentang KID, Detektif Sonoko, Profesor Agasa yang diculik, bertemu kasus dan anak-anak yang mirip dengan Genta, Ayumi dan Mitsuhiko, bahkan Yaiba pun ikutan muncul disini. Yang paying my attention the most is Conan OVA 9 : Stranger in 10 years. No matter how many time I watched this, I’m always became mellow~. Heol~ disini ceritanya, 10 tahun sudah berlalu sejak Shinichi berubah jadi Conan, tapi Shinichi dan Haibara tak kembali ke tubuh mereka semula. Mereka malah bertumbuh dewasa seperti Ayumi dkk menuju bangku sekolah menengah atas. Ran dan Sonoko juga sudah bukan gadis remaja lagi. Malah, Conan yang baru pulang sekolah SHOCKED mendengar dari Sonoko kalau Dr. Araide melamar Ran. Oh NO !!!!!! Conan panik dan mau gila tentu saja, dia pergi mencari Ran –yang ternyata ada di rumah Shinichi-, dia bahkan sudah mengaku kalau dia adalah Shinichi -.-!! Tapi, Ran malah tersenyum dan memintanya untuk tak melakukan hal itu kalau hanya sekedar ingin menghiburnya. Ran’s word : “ I’ve already waited ten years, so another ten will be just fine. Aku sudah menunggu sepuluh tahun, jadi menunggu sepuluh tahun lagi tak masalah “. *sobs* Untung itu semua cuma mimpi buruknya Conan semata >,<

Poin yang patut di-amat-sangat-setujui adalah penjelasan Haibara saat Conan bertanya tentang ‘kenapa mereka bisa dari bangku SD lompat ke bangku SMA’ ? lol~ Well, yup, ketakutan utamanya adalah Shinichi, -yang semakin hari semakin tamak saja- seenaknya mengkonsumsi antidote APTX-4869 sehingga kembali ke tubuhnya semula. Tubuhnya bakal menciptakan antibodi sendiri dengan antidote yang dikonsumsinya itu –buktinya waktu efek obat itu semakin hari semakin singkat- bisa saja suatu hari tubuhnya takkan bereaksi lagi terhadap antidote-nya dan well~ dia akan stuck dengan tubuh Conan (tak ada lagi Shinichi dewasa). Dan kemungkinannya kalau nantinya dia bakal tumbuh dewasa bersama dengan grup detektif cilik sama seperti dalam mimpinya itu. Semoga Aoyama-sensei datang dengan ending yang tak menyayat hati seperti itu. Walaupun I’m pretty  sure that age isn’t matter on this case.

 

** Detective Conan Spesial

518783

Ada juga spesial video dari Detective Conan. Like Detective Conan and Woo, yang ini lebih mirip iklan sponsor produk TV kali yaa, tapi tetap ada kasus juga di dalamnya. Terus ada The Wandering Red Butterfly, cerita dimana Yusaku yang memecahkan kode hanya untuk menemukan tempat tujuan kencannya dengan Yukiko -.-!! Endingnya mereka bertemu di bioskop dan menonton ‘Santa Claus in Summer’ salah satu karya Aoyama-sensei juga. Ada juga Detective Conan Spesial Making, dimana Grup Detektif Cilik ‘mengintai’ tempat pembuatan, dubbing dll dari Detective Conan. Terus ada baby Shinichi yang beraksi bersama ibunya, Yukiko di Fly to Ten Planet in The Sky. Ahh, yang keren itu pastinya Detective Conan vs. Lupin III. That’s cool!!!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s